Rabu, 03 Januari 2018

Makalah Industri Tambang Logam mulia di indonesia



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
    Indonesia dianugerahi sumber daya alam yang berlimpah termasuk bahan galian  pertambangan  dan Indonesia memiliki ketergantungan tinggi  terhadap pemanfaatan bahan galian pertambangan tersebut sebagai modal pembangunan. Dalam Pasal 33  ayat (3)  Undang-Undang  Dasar  Republik  Indonesia 1945 dinyatakan bahwa : “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai  oleh  Negara  dan  digunakan  sebesar-besarnya  untuk kemakmuran rakyat”. Sektor  pertambangan  di  Indonesia  merupakan  sektor  yang berfungsi mendapatkan devisa negara paling besar, namun dalam implementasinya, negara sering dihadapkan pada kondisi dilematis antara pemanfaatan optimal dengan kerugian lingkungan dan sosial.
Dalam Pasal 38 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara menyatakan “Pelaku usaha pertambangan meliputi Badan Usaha, Koperasi dan Perseorangan”. Berdasarkan  dengan  itu,  pelaku  pertambangan  bisa  dikelompokkan dengan  pertambangan  skala  besar,  pertambangan  skala  menengah  dan  juga pertambangan  skala  kecil  dalam  bentuk  pertambangan  rakyat.
Pasal 34 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara menyatakan “usaha  pertambangan  dibagi  menjadi 2 (dua)  yaitu  usaha pertambangan  mineral  dan  usaha  pertambangan  batubara. Pertambangan mineral digolongkan atas pertambangan mineral radioaktif, pertambangan mineral logam, pertambangan mineral bukan logam dan pertambangan batuan”. Salah satu komoditi unggulan hasil tambang Indonesia adalah logam mulia seperti emas,perak,nikel dll.

1.2  Rumusan Masalah
a.       Produk logam mulia apa saja yang dihasilkan industri tambang logam mulia di Indonesia.
b.      Bagaimana Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri tambang logam mulia di indonesia
c.       Bagaimana proses dan pengolahan logam mulia.
d.      Dimanakan lokasi-lokasi potensial tambang logam mulia di Indonesia.

1.3  Tujuan Penelitian
a.       Memahami industri-industri logam mulia di Indonesia
b.      Mengenal produk – produk hasil tambang logam mulia di Indonesia
c.       Memahami proses dan pengolahan logam mulia.
d.      Menambah pengetahuan tentang lokasi-lokasi tambang logam mulia di indonesia.




BAB II
INDUSTRI TAMBANG LOGAM MULIA DI INDONESIA

2.1  Perusahaan Tambang Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk
Di Indonesia, PT Aneka Tambang Tbk atau yang biasa disebut dengan PT Antam merupakan perusahaan pertambangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (65%) dan masyarakat (35%). PT Antam didirikan pada tanggal 5 Juli 1968. Kegiatan Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral. Pendapatan PT Antam diperoleh melalui kegiatan eksplorasi dan penemuan deposit mineral, pengolahan mineral tersebut secara ekonomis, dan penjualan hasil pengolahan tersebut kepada konsumen jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia. Kegiatan ini telah dilakukan semenjak perusahaan berdiri tahun 1968.
Komoditas utama Antam adalah bijih nikel kadar tinggi atau saprolit, bijih nikel kadar rendah atau limonit, feronikel, emas, perak dan bauksit. Jasa utama Antam adalah pengolahan dan pemurian logam mulia serta jasa geologi. Daftar Anak-anak Perusahaan PT Antam Tbk :
1.      PT Indonesia Coal Resources (Indonesia)
2.      PT Cibaliung Sumberdaya (Indonesia)
3.      PT Gag Nikel (Indonesia)
4.      PT Asia Pacific Nickel Pty. Ltd. (Australia)
5.      PT Antam Resourcindo (Indonesia)
6.      PT Borneo Edo International (Indonesia)
7.      PT Mega Citra Utama (Indonesia)
8.      PT Indonesia Chemical Alumina (Indonesia)
9.      PT Antam Jindal Stainless Indonesia (Indonesia)
10.  PT Logam Mulia (Indonesia)
Sementara PT Logam Mulia merupakan salah satu unit bisnis dari PT ANTAM (Persero) Tbk. adalah satu-satunya pemurnian emas dan perak di Indonesia, yang Memiliki pengakuan dari LBMA (London Bullion Market Association) dan termasuk di dalam Good Delivery List of Acceptable Refiners of Gold Bars sejak 1 Januari 1999.
Pada saat ini ANTAM memiliki Tujuh unit operasi, yaitu :
1.  Unit Pertambangan Bauksit Kijang - Kijang, Riau.
2.  Unit Pertambangan Nikel Pomalaa - Pomalaa, Sulawesi Tenggara.
3.  Unit Pertambangan Nikel Gebe - P.Gebe, Maluku.
4.  Unit Pertambangan Emas Pongkor - Pongkor, Jawa Barat.
5.  Unit Pertambangan Pasir Besi Cilacap - Cilacap, Jawa Tengah.
6.  Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia - Jakarta, DKI.
7.  Unit Geologi - Jakarta, DKI.

2.2  Produk-produk Dari PT Aneka Tambang Tbk
2.2.1   Nikel
Bijih nikel Antam terbagi atas bijih nikel saprolit dan limonit. Bijih nikel limonit adalah bijih nikel laterit dengan kadar rendah dan mengandung 0.8% - 1.5% nikel, 25%-35% besi dan sedikit kobalt. Limonit terletak di atas lapisan saprolit dan lebih murah dan lebih mudah untuk ditambang. Bijih nikel saprolit terbentuk dibawah zona limonit. Saprolit secara umum mengandung sekitar 1,5%-2,5% nikel dan digolongkan sebagai bijih laterit kadar  tinggi. Dengan  melalui  proses  pirometalurgi,  saprolit  digunakan sebagai bahan baku untuk produksi feronikel. Feronikel Antam mengandung sekitar  20% nikel dan sekitar  80% besi. Diproduksi dalam bentuk shots (butiran)  atau  ingots (batangan)  serta  dengan  karbon kadar  tinggi atau karbon  kadar  rendah,  feronikel  digunakan  sebagai  bahan  baku  untuk produksi baja nirkarat.

                                                         Gambar 2.1 Tambang nikel

Penambangan bijih nikel saat ini di Pomalaa ( Sulawesi Tenggara) dan Pulau Gebe (Maluku) sedangkan pengelolaannya berada di Pomalaa. Nikel sebagai  salah  satu “usaha  inti”  PT  Antam,Tbk  ditunjang  oleh  potensi cadangan nikel yang cukup besar. Upaya lebih lanjut dalam memantapkan bisnis inti adalah dengan jalan membangun pabrik stainless steel dengan bahan baku utama feronikel. Telah dilaksanakan pembangunan perluasan pabrik feronikel Pomalaa sejak 1992, bekerjasama dengan Mitsui and Co.Ltd. Sejak awal tahun 1995 sudah  beroperasi  secara  komersial  dengan  kapasitas 11.000 ton nikel pertahun. Citra mutu feronikel Pomalaa sangat baik dan terus diupayakan peningkatannya untuk mendukung usaha diversifikasi pasar nikel.
2.2.2   Emas Dan Perak
Indonesia sesuai struktur geologinya dinilai sebagai salah satu negara yang memiliki potensi emas dan perak yang cukup besar. PT Antam,Tbk melakukan program eksplorasi secara terencana dan sistematis terutama di daerah Jawa Barat. Dari hasil eksplorasi telah ditemukan cadangan baru emas dan perak dalam jumlah besar di daerah gunung Pongkor, Kabupaten Bogor dan mulai berproduksi secara komersial sejak bulan Mei 1994. Fasilitas pengolahannya mampu menghasilkan 2,5 ton Emas dan 20 ton perak per tahunnya dengan cadangan untuk masa eksploitasi kurang lebih empat puluh tahun.

 
Gambar 2.2 Tambang emas dan perak

PT Antam,Tbk memiliki unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia dengan kapasitas produksi per tahunnya sebesar 100 ton Emas dan
270 ton Perak. Emas dan Perak hasil produksi PT Antam telah dipasarkan
secara luas di dalam negeri maupun ke manca negara dengan merk LM
(Logam Mulia). Produk emas dan perak Logam Mulia telah terakreditasi
lisensi merek dagang internasional dari London Bullion Market Association (LBMA).
2.2.3   Bauksit
Bauksit adalah sumber bijih yang utama untuk produksi alumunium. Bauksit mengandung 30-54% alumina (Al2O3) dan selebihnya terdiri dari campuran silika, berbagai oksida besi dan titanium dioksida.

 
Gambar 2.3 Tambang Bauksit
 
Indonesia memiliki potensi bauksit yang cukup besar. Pada saat ini, pertambangan bauksit di Indonesia hanya terdapat di Kijang, Pulau Bintan, yang baru mulai ditambang dan diekspor pada tahun 1935 oleh NV NIBEM (NV Nederlansch Indische Bauxite Exploratie Maatschappij),  yang kemudian berkembang  menjadi  bagian  dari  PT  Antam. Sejak tahun 1988, PT Antam,Tbk memperoleh pangsa pasar  baru di Amerika Serikat, selain Jepang.
2.2.4   Pasir Besi
Kegiatan  penambangan  pasir  besi  dimulai  sejak 1971 di daerah Cilacap  dan dilanjutkan ke  daerah  Kutoarjo, Jawa Tengah sejak 1980.

 
Gambar 2.4 Tambang Pasir Besi

Produk pasir besi PT Antam,Tbk dipergunakan oleh hampir semua pabrik semen di Sumatra, Jawa dan Sulawesi. Cadangan pasir besi terdapat di sepanjang pantai selatan pulau Jawa dalam jumlah yang cukup banyak. Cadangan terbesar terdapat di daerah Yogyakarta antara sungai Progo dan Bogowonto.
2.2.5   Geologi
Unit geologi merupakan satu dari tujuh unit usaha PT Antam,Tbk. Misi yang diemban oleh unit tersebut, ditujukan untuk menawarkan jasa-
jasa eksplorasi baik itu untuk PT Antam maupun perusahaan-perusahaan
lainnya. Keberhasilan unit Geologi dalam menjalankan usahanya antara lain terlihat dari keberhasilan menemukan deposit emas di gunung Pongkor Jawa Barat, yang  saat  ini  merupakan  salah  satu  dari “tambang utama” PT Antam,Tbk.

2.3  Produk- produk dari PT Logam Mulia
Ada pun produk yang dihasilkan oleh anak perusahaan PT Aneka Tambang ini adalah :
1.      Cast Bars
Emas murni standar 99,99% adalah bahan baku pembuatan emas Perhiasan atau emas 14 karat sampai dengan 24 karat dimana kadarnya equivalen dengan kandungan emasnya. Logam untuk pencampur pembuatan emas perhiasan adalah perak dan tembaga. Emas dengan tampilan agak kemerahan adalah dominan tembaga dari peraknya sedangkan emas dengan tampilan agak kekuningan adalah dominan perak dari tembaga.
2.      LM Gold Minted Bars
PT.Logam Mulia  menghadirkan emas Logam Mulia dengan berat dan kadar yang terjamin, serta kemurnian emas 99,99%. Emas sangat liquid dan diterima di seluruh dunia tanpa perlu diperiksa lagi kadarnya, karena telah dilengkapi oleh Sertifikat LBMA (London Bullion Market Association). Emas batangan Logam Mulia tersedia LM Gold Minted Bars Market Association). Emas batangan Logam Mulia tersedia dalam bentuk emas casting dan minting.
3.      Koin Dinar dan Dirham
Produk lainnya dari PT Logam Mulia ini adalah, Koin Dinar dan Dirham. UBPP Logam mulia adalah satu-satunya produsen koin bullion emas di indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi dari LBMA (London Bullion Market Association) dengan memiliki kemurnian yang terpercaya. Kompetensi sebagai Laboratorium penguji yang di keluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan menjalankan sistem laboratorium yang bersertifikasi ISO 17025.
4.      Gold-Palladium Alloys
Palladium biasanya digunakan untuk perhiasan. Aplikasi palladium di bidang industri biasanya digunakan untuk pembuatan jam dan kontak elektrik, selain ini palladium juga dapat digunakan untuk bidang kedokteran.
5.      LM Silver Granules
Perak granul 99.95% dihasilkan melalui proses granulasi lelehan perak dari proses elektrolisis perak. Kami menghasilkan produk perak dalam bentuk kemasan 10 kg, 5kg, dan 1 kg. Produk perak granul ini dijual ke beberapa industri yang menggunakan perak sebagai material utamanya yaitu ke beberapa industri yang menggunakan perak sebagai material utamanya yaitu industri kaca, industri yang memproduksi paduan logam, dan juga perhiasan sebagai campuran emas karat.
6.      Gold /silver Plate & wire
Gold /silver Plate & wire merupakan salah satu produk yang dikeluarkan UBPP Logam Mulia dalam bentuk pelat dan kawat emas/ perak. Produk ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manufaktur dan industry Jewelry di pasar domestik dan internasional. Ukuran yang tersedia adalah :
7.      Perak nitrat
Perak nitrat adalah senyawa kimia yang memiliki banyak kegunaan. Para ahli kimia kuno menamakan perak sebagai “lunar”, sehingga menyebut perak nitrat sebagai “lunar caustic’”. Kegunaan perak nitrat pada dasarnya dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori utama yaitu, dalam bidang industri dan dalam bidang medis/kedokteran.

2.4  Daerah-daerah Tambang Logam Mulia Di Indonesia
Di negeri ini, ada banyak pertambangan logam mulia yang tersebar di seluruh Nusantara, seperti di :
1.      Tambang Emas Desa Pujon, Kapuas, Kalimantan Tengah
Pujon adalah sebuah desa terpencil yang letaknya di Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Meski letaknya cukup jauh dari perkotaan, ada banyak pilihan transportasi untuk menuju desa ini. Selain menjadi tempat transit bagi para penambang batubara dan petani kelapa sawit, Desa Pujon merupakan desa yang terkenal akan hasil tambang emasnya yang sangat banyak. Tak heran hampir sebagian besar warga di sini berprofesi sebagai penambang emas. Pun karena saking banyaknya bijih emas yang ditemukan di dalam hutan, desa ini sampai dijuluki Desa Emas.
2.      Tambang Emas Gosowong, Halmahera
Lokasi penambangan emas di Indonesia yang kedua terletak di Gosowong, Halmahera. Kegiatan penambangan di Gosowong sendiri dikelola oleh BUMN di bawah naungan PT Aneka Tambang yang bekerjasama dengan Newcrest. Selain emas, di sini juga terdapat pertambangan perak. Dalam rentang waktu hampir 20 tahun sejak pertambangan pertama kali dibuka, diperkirakan sudah ada sekitar 20 juta ons bijih emas yang diangkat dari perut bumi.
3.      Tambang Emas Cikotok, Jawa Barat
Cikotok merupakan sebuah desa kecil yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Selatan, atau kurang lebih 130 km di Selatan Rangkasbitung, Provinsi Banten. Meski ukurannya tidak terlalu luas, sesungguhnya desa ini memliliki potensi tambang yang sangat luar biasa. Adalah logam mulia berjenis emas yang bisa dengan mudah ditambang di sini.
4.      Tambang Emas Batu Hijau, Sumbawa
Daerah Indonesia Timur memang mahsyur akan hasil tambangnya yang melimpah. Salah satunya adalah tambang emas yang berlokasi di Batu Hijau, Pulau Sumbawa. Tambang ini sendiri sudah dibuka sejak tahun 2000 lalu. Pada tahun 2005, pemerintah mencatat sebanyak 2.77 juta ton tembaga yang memiliki rata-rata 0,69g/ton emas terkumpul dari tambang ini. Sayangnya, Tambang Emas Batu Hijau masih dikelola pihak asing.
5.      Tambang Emas Martabe, Tapanuli Selatan
Masih berlokasi di wilayah Indonesia Timur, tambang emas yang satu ini terletak di daerah Martabe, Tapanuli Selatan. Menurut data yang dikumpulkan pihak pengelola tambang, kegiatan penambangan di Martabe sudah menghasilkan sebanyak 3 juta ons emas dan 32 juta ons perak sejak mulai dibuka pada tahun 2013.
6.      Tambang Emas Kencana, Maluku Utara
Berbeda dengan tambang emas di Gosowong yang cukup terbuka, penambangan emas di daerah Kencana, Maluku Utara, dilakukan di bawah tanah. Kabarnya, kegiatan pertambangan di Kencana sudah mengahsilkan sebanyak 4.63 juta ons emas murni lho.
7.      Tambang Grashberg, Puncak Jaya
Dari sekian banyak lokasi penambangan emas di Tanah air, barangkali daerah tambang yang satu ini adalah yang paling terkenal karena akhir-akhir ini banyak diberitakan di berbagai media. Tambang ini sendiri memang dikelola oleh PT Freeport McMoran.

2.5  Aliran Kegiatan Penambangan Logam Mulia
Berikut aliran kegiatan penambangan logam mulia :
1.      Eksplorasi
Dalam usaha mencari cadangan bijih nikel  (nickel ore) dilakukan penyelidikan   baik   secara   umum (geologi   permukaan),   eksplorasi pendahuluan,  eksplorasi  detail,  sampai  perhitungan  cadangan  dengan maksud untuk mengetahui seberapa jauh kandungan Ni yang ada pada daerah tersebut. Upaya ini dilakukan dengan pengambilan contoh (sample) dengan menggunakan alat bor.
2.      Pengupasan tanah penutup (over burden)
Sebelum   penambangan   dimulai,   terlebih   dahulu   dilakukan pembersihan  dari  pohon-pohon  dan  semak-semak.  Setelah  dilakukan stripping (pengupasan)  lapisan  tanah  penutup  sampai  pada  kedalaman tertentu menggunakan alat dorong (bulldozer).

3.      Penambangan
Penambangan  termasuk   klasifikasi   tambang   terbuka       (sistem berjenjang)  dengan  menggunakan  alat-alat  produksi  sebagai  berikut: bulldozer sebagai alat dorong, Dozzer Shovel sebagai alat gali dan muat, dan Dump Truck sebagai alat angkut.
4.      Pengangkutan
Alat angkut yang digunakan adalah dump truck yang berkapasitas antara 15-30 ton.
5.      Penumpukan/penyimpanan bijih
Bijih nikel baik untuk umpan pabrik maupun untuk ekspor ditumpuk di stockyard, setelah batuan besar/boulder (>20cm), dipisahkan. Boulder dipecahkan dengan mesin pemecah batu (crushing plant) sampai ukuran <20 cm dan dikirim ke pabrik sebagai bijih umpan pabrik. Proses pengolahan nikel di Pomalaa melalui proses Elkem. Secara garis besar proses pengolahan bijih nikel ini dibagi dalam 3 tahap yaitu:
a.       Tahap Praolahan
Bijih basah ada dicampur (blending) untuk mendapatkan komposisi yang sesuai. Campuran bijih (blended ore) ini dikeringkan di dalam suatu Rotary Dryer. Selanjutnya bijih kering mengalami proses kalsinasi di dalam Rotary Kiln untuk menghilangkan kandungan Loss on Ignition (LOI). Debu yang berasal dari tahap  praolahan  ini  ditangkap  pada  unit penangkap debu, lalu diproses dalam pellettizer untuk membuat pellet yang akan diumpankan kembali ke dalam Rotary Kiln.
b.      Tahap Peleburan
Pada tahap ini calcined ore dilebur dan direduksi di dalam dapur listrik dengan menggunakan tenaga listrik berkapasitas 20 MVA untuk satu unit dapur. Sebagai bahan pereduksi digunakan anthracite. Proses reduksi ini menghasilkan crude metal yang akan dimurnikan pada tahap pemurnian, sedangkan bahan yang tidak tereduksi berupa slag dikeluarkan dari dapur listrik pada waktu-waktu tertentu dibuang. Untuk pengaturan kebasaan slag ditambahkan batu kapur.
c.       Tahap Pemurnian
Crude metal yang berasal dari tahap peleburan, dikurangi kandungan belerangnya di dalam Rheinsthal/converter (desulphurization). Sedangkan untuk mengurangi kandungan Si, C dan P dilakukan Oxygen blowing dan penambahan flux terhadap crude metal di dalam unit Shaking Converter. Oxygen yang dipergunakan berasal dari Oxygen Plant. Untuk membuat produk  feronikel  berbentuk  batangan (ingot),  metal  cair  yang  telah dimurnikan dengan spesifikasi dan komposisi tertentu dicetak pada unit Continous Casting Machine. Untuk membuat produk feronikel berbentuk butiran (shot),  metal  cair  ini  dicetak  pada  unit  Shot  Making.  Bentuk batangan (ingot) diproduksi dalam dua jenis, yaitu High carbon   dan Low Carbon,  sedangkan  bentuk  butiran (shot)  diproduksi  hanya  jenis  Low Carbon. 


BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Dari karya tulis ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Perusahaan tambang logam di Indonesia salah satunya adalah PT Aneka Tambang Tbk dengan menpunyai 10 anak perusahaan yaitu :
a.       PT Indonesia Coal Resources (Indonesia)
b.      PT Cibaliung Sumberdaya (Indonesia)
c.       PT Gag Nikel (Indonesia)
d.      PT Asia Pacific Nickel Pty. Ltd. (Australia)
e.       PT Antam Resourcindo (Indonesia)
f.       PT Borneo Edo International (Indonesia)
g.      PT Mega Citra Utama (Indonesia)
h.      PT Indonesia Chemical Alumina (Indonesia)
i.        PT Antam Jindal Stainless Indonesia (Indonesia)
j.        PT Logam Mulia (Indonesia)
2.      Lokasi-lokasi tambang logam mulia di Indonesia antara lain terletak di :
a.       Tambang Emas Desa Pujon, Kapuas, Kalimantan Tengah
b.      Tambang Emas Gosowong, Halmahera
c.       Tambang Emas Cikotok, Jawa Barat
d.      Tambang Emas Batu Hijau, Sumbawa
e.       Tambang Emas Martabe, Tapanuli Selatan
f.       Tambang Emas Kencana, Maluku Utara
g.       Tambang Grashberg, Puncak Jaya

3.2  Saran
1.      Meskipun Sektor  pertambangan  di  Indonesia  merupakan  sektor  yang berfungsi mendapatkan devisa negara paling besar, namun dalam implementasinya seharusnya Negara memikirkan kerugian lingkungan dan sosial yang ditimbulkan aktifitas pertambangan.


DAFTAR PUSTAKA

Undang-undang No.4 Tahun 2009. Tentang pertambangan dan batubara.
http://minerba.esdm.go.id/sijh diakses tanggal 25 oktober 2017
http://indonesia-investment.com/upload diakses tanggal 25 oktober 2017
https://journal.uinjkt.ac.id/article/download diakses tanggal 24 oktober 2017

download full text PDF disini!

tonton video proses produksi PT. ANTAM : 
 




1 komentar:

  1. panduan judi online dan tipster jitu
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com